Program "Free and Open Source Software untuk Pesantren" menjadi sajian terbaik nasional


Alhamdulillah, program pengabdian masyarakat Ipteks bagi Masyarakat (IbM) Pesantren yang digarap tim Sekolah Tinggi Teknologi Garut dengan judul "Free and Open Source Software (FOSS) untuk Pesantren", yang digali dari konsep Kelompok Penggerak dalam buku Aktivitas dan Kompetensi Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) - Direktorat Pemberdayaan Informatika Kemkominfo RI, menjadi sajian terbaik nasional pada acara Seminar Hasil Pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat Mono tahun 2013 - DP2M Direktorat Perguruan Tinggi Kemendikbud RI. 

Program yang dilaksanakan tahun 2013 ini dilaksanakan untuk menyediakan FOSS, yakni perangkat lunak yang dapat diunduh secara gratis dengan atau tanpa kode sumber untuk penggunaan lebih lanjut. Selain itu juga menyediakan modul peralatihan keahlian dasar TIK yang diperlukan untuk menjadikan personel pesantren sebagai bagian dari masyarakat informasi. Modul dapat diunduh dalam folder literatur di halaman web cahaya TIK.

Program berhasil menghantarkan personel pesantren melalui tahapan pembangunan kapasitas masyarakat informasi, dari tahap penyadaran hingga tahap penguasaan keahlian dasar TIK, melalui kegiatan Seminar dan Pelatihan Nasional TIK Garut VI. Sementara tahapan terakhir yakni penciptaan kapasitas dapat dilaksanakan dalam program pengabdian kepada masyarakat selanjutnya. 

Struktur keahlian dasar TIK dalam buku Aktivitas dan Kompetensi Relawan TIK yang dibuat Sekolah Tinggi Teknologi Garut dirujuk tim untuk membuat modul pelatihan dasar TIK menggunakan aplikasi berbasis FOSS juga dapat diterapkan untuk membuat modul pelatihan dasar TIK menggunakan aplikasi berbasis Windows. Hal ini digunakan oleh tim Sekolah Tinggi Teknologi Garut untuk menyelenggarakan pelatihan TIK untuk pesantren se Indonesia pada tahun 2013 bersama Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementrian Agama Republik Indonesia menggunakan modul pelatihan dasar TIK menggunakan aplikasi berbasis Windows yang dibuat berdasarkan struktur tersebut.

Tidak ada komentar :
Write komentar

Arsip