STT Garut Mendorong Terbentuknya Forum Masyarakat Informasi Garut



Informasi adalah data berarti dan berguna yang dihasilkan oleh proses tertentu dan disampaikan kepada pengguna tertentu melalui proses memberi tahu. Proses yang meliputi pengumpulan, pemprosesan, penyimpanan, dan penyebaran sekarang ini dilakukan dengan menggunakan bantuan TI (Teknologi informasi), yakni perangkat lunak, keras, jaringan, dan data. Lebih luas lagi, segala sesuatu yang dihasilkan dengan menggunakan perangkat TIK disebut konten. TI juga difahami sebagai TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), di mana konvergensi komputer dan jaringan memungkinkan para pengguna untuk saling  terhubung dan berbagi konten atau sumber daya lainnya.  

Masyarakat informasi adalah budaya baru yang struktur sosialnya berdasarkan kepada kebebasan dalam akses, pembuatan, distribusi, dan pemanfaatan informasi dengan TIK (Teknologi informasi dan komunikasi). Kebebasan tersebut mendorong kreatifitas intelektual di mana informasi sebagai produk kreatifnya menjadi sumber daya ekonomi yang dimanfaatkan oleh masyarakat global. Oleh karenanya TIK sebagai jembatan antara negara maju dan berkembang merupakan alat pembangunan ekonomi dan sosial, mesin pertumbuhan, pilar utama bangunan masyarakat dan ekonomi basis pengetahuan global, serta kesempatan bagi negara untuk membebaskan dirinya dari tirani geografi. 

Masyarakat Garut telah menginsyafi pentingnya budaya baru tersebut untuk peningkatan mutu layanan dan taraf kesejahteraan masyarakat Garut. Hal ini ditunjukan dengan diselenggarakannya Forum Masyarakat Informasi Garut sejak tanggal 16 Januari 2012 yang melibatkan Quadruple Helix (Perguruan Tinggi selaku Konseptor, Perusahaan selaku Enabler, Pemerintah selaku Regulator, dan Masyarakat selaku Akselerator). Gagasan yang muncul saat itu adalah berbagi sumber daya antar lembaga melalui Metro Area Network milik Perusahaan Provider Internet. Forum komunikasi lanjutannya diselenggarakan setelah akhir periode kerjasama antar lembaga, yakni pada tanggal 28 Oktober 2014. Saat itu forumnya dilaksankaan dalam Konferensi Komunitas TIK Garut yang dihadiri sejumlah Komunitas TIK se Garut dengan fokus optimalisasi partisipasi masyarakat dalam pembangunan masyarakat informasi. Saat itu digagas agenda tahunan bersama serta usaha membangun Kelompok Informasi Masyarakat serta Relawan TIK di sekolah dalam wujud Kelompok Penggerak Masyarakat Informasi. 


Di antara agenda tahunan bersama yang telah dilaksanakan adalah Olimpiade Komunitas TIK se Garut periode kedua pada tahun 2015, dan Peningkatan Kapasitas Masyarakat Informatika Garut pada tahun 2016. Dalam dua kegiatan tersebut antar lembaga berbagai peran dan sumber daya. Agenda lain yang menjadi model terbaik kerjasama antar lembaga karena semua unsur Quadruple Helix terlibat adalah Hackathon se Priangan Timur tahun 2015.  Dengan demikian Forum Masyarakat Informasi Garut ini telah berkembang selama empat tahun dari sekedar kesadaran menjadi semacam tindakan yang dilakukan bersama-sama. Bahkan Pemerintah kabupaten Garut telah menunjukan apresiasinya terhadap elemen masyarakat informasi Garut yang berprestasi, mulai dari tropi bergilir Bupati Garut untuk juara umum Olimpiade Komunitas TIK se Garut, hingga sertifikat penghargaan Bupati Garut dan kepala Diskominfo Garut terhadap Komunitas TIK di Garut yang mendapat predikat terbaik di Garut dan Jawa Barat. 




Tidak ada komentar :
Write komentar

Arsip