Seminar dan Pelatihan Masyarakat Informasi Perdana di Garut Selatan


18/08/2014. Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 69, STTG (Sekolah Tinggi Teknologi Garut) menyelenggarakan program Pengabdian kepada Masyarakat di Selatan Garut berjudul Seminar dan Pelatihan Masyarakat Informasi. Acara yang dihadiri oleh guru TIK (teknologi informasi dan komunikasi) se Garut Selatan ini mengangkat isu Permendikbud (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) 68 tahun 2014 tentang Guru TIK dan KKPI dalam kurikulum 2013. Seminar yang diselenggarakan di Balai Produksi Dan Pengujian Roket Seksi Atmosfer - LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) bertujuan untuk menunjukan relasi hasil penelitian STTG dengan Permendikbud tersebut. Dalam kesempatan tersebut, Rinda Cahyana menunjukan bagaimana KPMI (Kelompok Penggerak Masyarakat Informasi) yang dijelaskannya dalam artikel yang berjudul "The stages, three-layer infrastructure, and functional level regulation for development of information society within the scope of information technology volunteer actions" menunjang tugas guru TIK dan KKPI menurut Permendikbud tersebut. Hal tersebut kemudian didukung oleh ketua Asosiasi Guru TIK Nasional yang menjadi pemateri seminar kedua.


Turut hadir dalam acara tersebut Camat Cikelet, Kepala Bidang Informatika Kabupaten Garut, dan Kepala BPPR (Balai Produksi Dan Pengujian Roket) Seksi Atmosfer LAPAN. Kepala Bidang Informatika menjelaskan niat kuat Bupati Garut dalam penerapan TIK untuk Pemerintahan serta pembentukan Dinas Komunikasi dan Informatika. Beliau meminta dukungan sumber daya manusia dalam bidang informatika dari STTG untuk menggerakan Dinas tersebut. Sementara itu, Camat Cikelet menjelaskan kondisi akses internet di wilayah Pameungpeuk yang masih terdapat blank spot di beberapa wilayah. Sama dengan Kepala Bidang Informatika dan juga Kepala BPPR, beliau menyatakan kebutuhannya akan sumber daya manusia dalam bidang informatika untuk menggerakan TIK di lingkungan kantornya. 


Di sela-sela seminar, Pembantu Ketua II STTG menyerahkan hibah perangkat lunak hasil penelitian dan pengabdian masyarakat STTG untuk masyarakat Garut Selatan kepada Camat Cikelet. Camat Cikelet mengapresiasi hibah tersebut yang menunjang program pemerintah terkait penerapan TIK. 


Sementara itu di SMK Ma'arif Pameungpeuk, Komunitas / Relawan TIK Garut dengan Relawan TIK Korea melaksanakan kegiatan pelatihan untuk siswa dari sejumlah sekolah di Garut Selatan. Kegiatan tersebut disambut antusias oleh pihak sekolah dan juga para siswa. Pihak sekolah berharap kegiatan dalam bidang TIK ini bisa berlanjut. Komunitas TIK Garut akan mendorong Komunitas TIK STTG menindaklanjuti harapan tersebut dengan mengirimkan relawan perintis untuk pengembangan KPMI di sekolah tersebut. Seminar dan Pelatihan ini membukakan kesempatan bagi pengembangan masyarakat informasi ke wilayah Selatan Garut melalui KPMI.



Tidak ada komentar :
Write komentar

Arsip