STTG Memberikan Pengantar Proyek kepada Relawan TI Korea Selatan

KIV di PUSKOMTIK Garut

Pada tanggal 3 Juli 2014, Relawan Teknologi Informasi (TI) Korea Selatan atau Korea IT Volunteers (KIV) tiba di Pusat Komunitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (PUSKOMTIK) Garut. Turut menyambut kedatangan mereka jajaran pengurus relawan / komunitas TIK kabupaten Garut dari bidang Sumber Data TI dan bidang Kesekretariatan dan Sekolah Tinggi Teknologi Garut (STTG). KIV ini akan menghabiskan waktu di Garut sampai tanggal 27 Agustus 2014 dengan kegiatan pengembangan aplikasi Kelompok Penggerak Masyarakat Informasi (KPMI). 
KPMI meningkatkan Jumlah Populasi Melek TIK
Sesuai dengan permintaan STTG dalam surat yang diajukan kepada National Information Society Agency (NIA) Korea Selatan, tim KIV tahun ini merupakan kelompok pengembang platform TI dengan keahlian pemrograman komputer. Tim ini akan turut serta dalam proyek pengembangan aplikasi KPMI yang sedang digarap oleh Kelompok Pengembang Platform TI / UKM Komunitas TIK STTG dari tahun 2013 silam. Aplikasi ini diperlukan untuk mengatur dan merekam tindakan relawan anggota KPMI serta menginformasikan usaha pembangunan masyarakat informasi.
Pertemuan sesi Introduction to the Project

Dalam sesi Introduction to the Project pada tanggal 5 Juli 2014 di PUSKOMTIK Garut, Rickard Elsen selaku Koordinator Relawan di Garut memaparkan latar belakang, tujuan dan sasaran, metode, dan pembiayaan program KIV 2014. Rinda Cahyana yang merupakan wakil STTG selaku konseptor KPMI turut menambahkan penjelasan tentang bagaimana aplikasi KPMI harus dibangun. KPMI dan aplikasi ini merupakan penerapan konsep dalam buku Pedoman Membangun Masyarakat Informasi bagi Relawan TIK Perintis yang secara sederhana dipaparkan dalam laman manusia situs PUSKOMTIK Garut. Pembuatan aplikasi ini merupakan rangkaian usaha STTG dan Komunitas TIK Garut dalam menerapkan pendekatan pembangunan masyarakat informasi dalam buku Aktivitas dan Kompetensi Relawan TIK, sebagai kelanjutan dari usaha perintisan basis KPMI yang telah dilaksanakan oleh KPMI / Komunitas TIK STTG sepanjang tahun 2010 hingga 2013 silam.
Waktu Pelaksanaan Program KIV 2014

Tidak ada komentar :
Write komentar

Arsip